Google

Sabtu, 27 Juni 2009

Cacar Air (varisela)

Cacar air bukan penyakit yang aneh atau baru. Yang paling dikhawatirkan adalah bila kesembuhan disertai bopeng yang merusak penampilan, apakah hal ini bisa dicegah? Menularkah? seberapa besar bahayanya?
Cacar air disebut juga Varisela atau chickenpox, adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varisela zoster (VZV). Organ tubuh yang diserang adalah kulit, selaput lendir mata, selaput lendir mulut, kerongkongan, dan organ lain misalnya otak. Penyakit ini dapat menyerang semua umur,tetapi anak-anak lebih sering terkena.

Gejala di Kulit
Sebelum kelainan di kulit muncul, biasanya didahului dengan tanda-tanda : demam, lemas-lemas,dan sakit kepala. Beberapa hari kemudian muncul kelaian kulit secara tidak serentak,mula-mula tampak bercak-bercak kemerahan disertai gatal, diikuti dengan timbulnya bintil-bintil dan gelembung-gelembung berair.
Gelembung mula-mula kecil,berisi cairan jernih seperti tetesan embun atau air mata,lama kelamaan menjadi keruh dan bagian tengahnya mencekung. Gelembung tadi mengering perlahan-lahan dan disebut keropeng. Jadi yang terlihat adalah bermacam-macam kelaian kulit yang tersebar diseluruh tubuh.Kelaian tersebut lebih banyak terlihat di bagian perut dan punggung, lalu menyebar ke muka, lengan, tungkai, telapak kaki dan tangan. Kelainan kulit berlangsung 7-14 hari.
Bila daya tahan tubuh seseorang menurun,virus VZ yang masuk ke tubuh,akan cepat berkembang biak dan menyebar ke darah, kulit dan organ tubuh lain. Daya tahan tubuh yang menurun dapat timbul akibat kurang gizi, kebersihan tubuh dan lingkungan yang buruk atau akibat obat-obatan tertentu yang menekan daya tahan tubuh. Cacar air cepat sekali menular,masa penularan terjadi 1-7 hari, melalui udara(aerogen). Bila satu anggota keluarga menderita cacar air dapat menular ke anggota keluarga yang lain.
Penderita cacar air tidak perlu diisolasikan atau dirawat di rumah sakit. Menurut pengamatan, anak-anak yang menderita cacar air ini gejalanya relatif lebih ringan dan lebih cepat sembuh. Pada orang dewasa bisa lebih berat disertai komplikasi,radang paru-paru dan radang otak.jadi walaupun menular sebenarnya bagi anak lebih menguntungkan bila mendapat cacar air diwaktu kecil daripada setelah dewasa.

Bagaimana dengan ibu hamil
Ibu hamil dapat terkena cacar air, bila terkena pada saat usia kehamilan kurang dari tiga bulan, dapat terjadi keguguran atau bayi lahir dengan cacat. Sedangkan bila ibu terkena beberapa hari sebelum melahirkan kemungkinan bayi lahir dengan cacar air.
Cacar air beda denga cacar(variola), cacar atau variola atau small-pox merupaka infeksi virus Pox. Penyakit ini termasuk penyakit virus yang ganas(mematikan) yang telah dikenal berabad-abad yang lalu. Seluruh dunia pernah terkena wabah cacar,namun WHO sejak 1984 menyatakan bahwa seluruh dunia telah bebas cacar.

Perawatan dan pencegahan bopeng
Penyakit ini menular,gejalanya sangat gatal dan bila digaruk mudah menimbulkan infeksi sekunder. Disamping itu komplikasinya pada orang dewasa berat terutama bila virus menyerang otak. Maka sebaiknya berobat segera kedokter, karena pada orang dewasa pemberian anti virus sedini mungkin akan cepat mengatasi dan mencegah komlikasi.
yang penting padda perawatan kulit adalah"pantang digaruk",garukan akan menyebabkan luka berdarah dan mudah terinfeksi bakteri. Sehingga penyembuhan menjadi lama dan menimbulkan bekas atau bopeng. Karena itu kuku harus dipotong pendek.
Usahakan agar gelembung tidak pecah,biarkan mengempis dan mengering sendiri hingga lepas dan tidak menimbulkan bekas. Bila gelembung atau keropeng dipaksa pecah atau dilepas, dasar kulit biasanya belum siap bertaut.
Bagaimana agar gelembung tidak mudah pecah? taburi dengan bedak talk setelah mandi dan sebelum tidur.Fungsi talk disamping mendinginkan dan mengurangi gatal,j uga melicinkan permukaan gelembung agar tidak mudah pecah. Mandi dapat mempercepat penyembuhan, dengan mandi kulit menjadi bersih dari kuman dan kotoran.
Penderita cacar air bila sudah tidak demam diharuskan mandi,tetapi jngan digosok. Keringkan dengan handuk tanpa menggosoknya, setelah itu taburi dengan talk. Bila ada yang terlanjur pecah,segera diberi salep antibiotik. Jagalah kebersihan, pakaian kotor hendaknya dicuci terpisah, handuk dan pakaian tidak boleh tukar pakai dengan orang lain.

Makanan
Tidak ada kaitan antara makana dengan cacar air, Gizi yang baik akan membantu penyembuhan lebih cepat.Berikan makanan yang bergizi, tinggi kalori dan protein. Bila selaput lendir mulut luka-luka, makan makanan disajikan dalam bentuk lunak atau cair. Bila kelainan kulit telah seluruhnya kering, maka periode ini sudah dapat dikatakan tidak lagi menular. Usahakan vaksinasi cacar pada anak mulai uasia 2 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda dengan sopan